RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMP
NEGERI 1 PUBIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Aspek : Mendengar
Standar Kompetensi : Memahami dan mengekspresikan wacana lisan
baik sastra maupun
non sastra
Kompetensi Dasar : (33) Merangkum isi berita dari media
elektronik (radio, TV, dll)
Indikator : 1. Merangkum isi berita tersebut
2. Menyebutkan kejadian yang ada dalam berita
3. Menentukan pokok-pokok berita tersebut
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran : 1.
Siswa dapat merangkum isi berita
2.
Siswa dapat menyebutkan kejadian yang ada dalam berita
3. Siswa dapat menentukan
pokok-pokok berita
2. Materi
Pelajaran : Berita dari Koran “Tuntaskan Kasus Narkoba”
3. Metode
Pembelajaran : a.
Ceramah
b. Penugasan
c. Tanya
jawab
d. Diskusi
e.
Presentasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
1.
Mengkondisikan kelas serta menyiapkan pelajaran
2. Penjelasan tentang materi yang disajikan
tentang berbagai bentuk media elektronik, seperti berita dari televisi , radio,
internet, dan sebagainya
3. Untuk membangkitkan motivasi belajar
siswa, guru bertanya kepada siswa mengenai berita apa saja yang telah didengar
pada hari itu
4. Mengarahkan ke salah satu contoh berita
yang ada pada materi berjudul “Tuntaskan Kasus Narkoba”
B.
Kegiatan Inti :
1. Mendengarkan cara melantunkan dan
mempersiapkan kata atau kalimat dalam berita tentang narkoba
2. Mendemonstrasikan cara membaca cerita
sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru
3. Merangkum isi berita utama serta menemukan
pesan utama
4. Memahami serta mengetahui latar belakang
setting tempat peristiwa narkoba dan dialog
C.
Kegiatan Akhir :
1.
Pemberian tugas untuk menghimpun data dari siaran radio
atau televisi
2. Guru menugaskan untuk menjawab soal-soal
tentang materi masalah narkoba
5. Sumber Pelajaran :
a.
Media kkoran, TV, radio, internet, dll
b. Buku materi pelajaran bahasa Lampung kelas
IX penyusun TIM FPSBL Unila
6. Penilaian/evaluasi :
a.
Teknik : tertulis, lisan, penugasan
b.
Instrumen : Uraian, apresiasi
c.
Soal-soal :
1. Ringkaslah secara singkat isi berita yang
ada dalam wacana ?
2. Sebutkan kembali isi berita tersebut ?
3. Sebutkan pokok-pokok berita yang ada dalam
wacana ?
4. Apakah kesimpulan dari isi berita tersebut
?
5. Carilah berita dari berbagai media
elektronik, kemudian ringkaslah pokok-pokok berita tersebut ?
13 Juli
2016
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Pubian Guru mata pelajaran
YUDA YULYANTINA, S.Pd IVAN
BENI SANJAYA
NIP. 19740611 200701 2 005 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMP
NEGERI 1 PUBIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Aspek : Berbicara
Standar Kompetensi : Mengungkapkan dan menginformasikan sesuatu
dengan
menggunakan kalimat-kalimat bahasa Lampung
yang sederhana dan
efektif
Kompetensi Dasar :
(34) Mengungkapkan dan memaknai ungkapan tradisional (idiom<
pribahasa) dengan bahasa Lampung yang
efektif
Indikator : 1. Mengemukakan pribahasa dengan bahasa Lampung
2.
Menentukan makna pribahasa Lampung
3. Mampu menyebutkan pribahasa dalam bahasa
Lampung
4. Menggali pribahasa-pribahasa dalam bahasa
Lampung
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran : 1.
Siswa dapat mengemukakan pribahasa dengan bahasa Lampung
2.
Siswa dapat menentukan makna pribahasa Lampung
3.
Siswa dapat menyebutkan pribahasa dalam bahasa Lampung
4.
Siswa dapat menggali pribahasa-pribahasa dalam bahasa
Lampung
2. Materi
Pelajaran : Pribahasa Orang Lampung
3. Metode
Pembelajaran : a. Ceramah
b. Penugasan
c.
Tanya jawab
d.
Diskusi
e.
Presentasi
4.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan
pertama
A.
Kegiatan Awal :
1.
Memepersiapkan pelajaran serta mengkondisikan kelas
2. Apersepsi (koordinasi dengan pelajaran
yang sudah dipelajari)
3. Penjelasan tentang materi yang akan
disampaikan tentang pribahasa yang sering dipakai pada masyarakat Lampung
B.
Kegiatan Inti :
1. Membaca dengan intonasi dan lafal yang
tepat sesuai dengan contoh yang diberikan guru
2. Membahas pemahaman dan arti dari pribahasa
secara kelompok berdasarkan pepatah, perumpamaan, bidal, ibarat, dan pemio
C.
Kegiatan Akhir :
1. Pemberian tugas melaporkan hasil bahasan
secara individu/kelompok
2. Guru memberikan tugas rumah
membuat/menyusun pribahasa dalam jumlah semaksimal mungkin
Pertemuan kedua
A.
Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan kelas serta mengumpulkan
hasil pekerjaan rumah siswa
2. Memeriksa dan membahas kebenaran hasil
dari pekerjaan rumah tersebut
B.
Kegiatan Inti :
1. Membaca bentuk pribahasa penugasan dari
masing-masing siswa
2. Meluruskan lafal pengucapan kalimat serta
kata-kata yang ada dalam kalimat pribahasa
3. Mengkaitkan pribahasa dalam bentuk ucapan
sehari-hari atau ucapan bunga berpidato
C.
Kegiatan Akhir :
1. Mengerjakan soal-soal dalam bentuk
penugasan
2.
Penjelasan tentang waktu pemakaian pribahasa
5. Sumber Pelajaran :
a.
Macam-macam pribahasa
b. Buku materi pelajaran bahasa Lampung kelas
IX penyusun TIM FPSBL Unila
c.
Kamus Bahasa Lampung
6. Penilaian/evaluasi :
a.
Teknik : Lisan, tertulis, penugasan
b.
Instrumen : Uraian, apresiasi, tugas rumah
c.
Soal-soal :
1. Ucapkanlah pribahasa bahasa Lampung di
depan kelas
2. Tentukan makna pribahasa dalam bahasa
Lampung ?
3. Termasuk jenis pribahasa apakah (O)
Gheggeh wai cappur minyak/ (A) Gegoh wai campugh minyak ?
4. Apakah yang dimaksud dengan pemio ?
5.
Sebutkan 3 contoh ibarat ?
13
Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Pubian Guru mata pelajaran
YUDA YULYANTINA, S.Pd IVAN
BENI SANJAYA
NIP. 19740611 200701 2 005 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMP
NEGERI 1 PUBIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Aspek : Membaca
Standar Kompetensi : Mengekspresikan dan memahami isi wacana tulis
berbahasa
Lampung, baik sastra maupun non sastra
Kompetensi Dasar :
(35) Memahami dan menafsirkan isi wacana
tulis berbahasa
Lampung tentang bejuluk beadek
Indikator : 1. Membaca
wacana berbahasa Lampung
2. Menyebutkan makna piil pesenggiri
masyarakat lampung
3.
Menjelaskan arti unsure Piil Pesenggiri
4.
mengemukakan makna beuluk beadek
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran : 1.
Siswa dapat membaca wacana berbahasa Lampu ng
2.
Siswa dapat menyebutkan makna Piil Pesenggiri
3.
Siswa dapat menjelaskan arti Piil Pesenggiri
4.
Siswa dapat mengemukakan makna bejuluk beadek
Lampung
tentang bejuluk beadek
2. Materi
Pelajaran : Wacana tulis tentang Bejuluk Beadek
3. Metode
Pembelajaran : a. Ceramah
b. Penugasan
c. Tanya
jawab
d. Diskusi
e.
Presentasi
4.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan
Pertama
A.
Kegiatan Awal :
1. Apersepsi (penjelasan singkat mengenai
materi minggu lalu)
2. Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa
agar bercerita sekilas mengenai tata cara pemberian adek (gelar)
3.
Pemahaman tentang martabat hidup dalam bentuk bejuluk
beadek
B.
Kegiatan Inti :
1. Melafalkan isi bacaan tentang bejuluk
beadek dengan jeda yang tepat sesuai dengan kandungan bacaan
2. Menemukan nilai yang terkandung dalam
bacaan tentang bejuluk beadek sesuai dengan penjelasan dari guru
3. Memahami bahwa bejuluk beadek adalah
bagian dari isi fiil pesengiri sebagai martabat hidup orang Lampung
C.
Kegiatan Akhir :
1. Guru memberikan pekerjaan rumah merangkum
isi bacaan dengan bentuk kalimat sendiri
2. Menentukan keterkaitan dari bentuk isi
fiil yang lain
Pertemuan
Kedua
A.
Kegiatan Awal :
1. Mengkondisikan siswa serta mengarahkan
tentang kelanjutan serta keterkaitan pelajaran yang lalu
2.
Membaca rangkuman materi hasil pekerjaan rumah siswa
B.
Kegiatan Inti :
1. siswa menentukan nilai yang terkandung
dalam martabat bejuluk beadek
2. Menemukan nilai-nilai bejuluk beadek
secara keseluruhan isinya
3.
Mengerjakan lembar penugasan
C.
Kegiatan Akhir :
1.
Menyimpulkan isi wacana bejuluk beadek secara
keseluruhan isinya
2. Guru menunjuk siswa yang paling baik dalam
menyimpulkan wacana
3. Guru dan siswa bertanya jawab untuk
mengetahui hasil belajar
4.
Guru memberikan PR mengerjakan soal-soal sebagaimana
hasil evaluasi yang harus dicapai
5. Sumber Pelajaran :
a.
Kamus bahasa Lampung
b. Buku materi pelajaran bahasa Lampung SMP/MTs
kelas IX penyusun TIM FPBSL Unila
6. Penilaian/evaluasi :
a.
Teknik : Tertulis, lisan, penugasan
b.
Instrumen : Uraian, apresiasi, tugas rumah
c.
Soal-soal :
1. Apakah makna dari fiil pesengiri
masyarakat Lampung ?
2. Jelaskan makna dari bejuluk beadek ?
3. Sebutkan bagian dari isi fiil pesengiri ?
4. Apakah arti dari Sakai Sambayan ?
13 Juli
2016
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Pubian Guru mata pelajaran
YUDA YULYANTINA, S.Pd IVAN
BENI SANJAYA
NIP. 19740611 200701 2 005 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMP
NEGERI 1 PUBIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Aspek : Menulis
Standar Kompetensi : Mengungkapkan dan mengembangkan gagasan
dengan
menggunakan kalimat-kalimat bahasa Lampung
yang efektif
Kompetensi Dasar : (36) Mengungkapkan makna lambang daerah
Lampung dengan
bentuk karangan eksposisi dengan menggunakan
kalimat bahasa
Lampung yang efektif
Indikator : 1. Menjelaskan makna lambang daerah Lampung
2.
Menyebutkan Bagian-bagian warna lambang daerah Provinsi
lampung
3. Menggambar lambang daerah Provinsi Lampung
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran : 1.
Siswa dapat menjelaskan makna lambang daerah lampung
2. Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian warna
lambang daerah
Provinsu lampung
3. Siswa dapat menggambar lambang daerah
Provinsi lampung
2. Materi
Pelajaran : Lambang Daerah Provinsi
3. Metode
Pembelajaran : a. Ceramah
b. Penugasan
c. Tanya
jawab
d.
Diskusi
e.
Presentasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal :
1.
Mengkondisikan kelas
2. Untuk membangkitkan motivasi belajar
siswa, guru bercerita mengenai kekayaan bumi Lampung dan benda-benda yang
terdapat lambang Lampung, seperti gapura, bet pegawai, dll
3. Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai
barang/benda yang terdapat dalam lambang Provinsi Lampung
4. Menunjukkan gambar serta materi yang
termuat dalam bacaan yang dipelajari
B.
Kegiatan Inti :
1. Menyalin kedalam huruf latin dari bacaan
yang ada
2. Menjelaskan makna warna kelir dasar
beserta warna-warna gambar lainnya
3. Menyalin bacaan ke dalam bentuk aksara
4. Menjelaskan setiap makna gambar yang
terdapat pada lambing Lampung dan bentuknya
C.
Kegiatan Akhir :
1.
Menyimpulkan isi wacana
2.
Mengerjakan pelatihan yang tersedia pada bacaan untuk
mengukur kemampuan yang telah dicapai
5. Sumber Pelajaran :
a. Media gambar Lambang daerah Provinsi
Lampung
b. Buku materi pelajaran bahasa Lampung SMP/MTs
kelas IX penyusun TIM FPBSL Unila
c.
Kamus Bahasa Lampung
6. Penilaian/evaluasi :
a.
Teknik : Tertulis, lisan
b.
Instrumen : Essay, uraian berstruktur
c.
Soal-soal :
1. Tuliskan makna lambang daerah Provinsi
Lampung ?
2. Sebutkan warna-warna yang ada di dalam
lambang daerah Provinsi Lampung ?
3.
Sebutkan macam-macam isi lambang daerah Provinsi
lampung ?
4.
Lambang daerah Provinsi Lampung adalah ?
5.
(O) Hasil karya apo lambang Propinsei Lappung ?/ (A)
Hasil kaghya sapa Lambang Propinsi Lampung ?
13
Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Pubian Guru mata pelajaran
YUDA YULYANTINA, S.Pd IVAN
BENI SANJAYA
NIP. 19740611 200701 2 005 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMP
NEGERI 1 PUBIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Aspek : Mendengar
Standar Kompetensi : Memahami dan mengekspresikan wacana lisan
baik sastra maupun
non sastra
Kompetensi Dasar : (37) Mengekspresikan dan memahami isi ringget
yang telah
diperdengarkan
Indikator : 1. Melantunkan
kembali isi ringget
2. Mengemukakan arti syair ringget
3.
Mennyimpulkan fungsi dari acara cangget
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran : 1.
Siswa dapat melantunkan kembali isi ringget
2.
Siswa dapat mengemukakan arti syair ringget
3.
Siswa dapat menyimpulkan fungsi dari acara cangget
2. Materi
Pelajaran : Reringget
3. Metode
Pembelajaran : a. Ceramah
b. Penugasan
c. Tanya
jawab
d.
Diskusi
e.
Presentasi
4.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan
Pertama
A.
Kegiatan Awal :
1. Untuk membangkitkan motivasi siswa guru
bertanya jawab dengan siswa mengenai segala hal yang diketahui siswa tentang ringget
2. Penjelasan guru terhadap siswa tentang
pemahaman ringget di kalangan masyarakat Lampung pepadun
3. Memahami tentang keanekaragaman bentuk
puisi Lampung di berbagai daerah
B.
Kegiatan Inti :
1. Mendengarkan contoh ringget yang ada pada
materi
2.
Membahas makna ringget secara berkelompok
3. Menyimpulkan makna dan arti dalam bentuk
laporan
C.
Kegiatan Akhir :
1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang
ringget
2.
Guru memberikan pekerjaan rumah
Pertemuan Kedua
A.
Kegiatan Awal :
1. Mengkaitkan dengan pelajaran minggu lalu dengan
memeriksa hasil tugas yang diberikan
2.
Pre test minggu lalu
B.
Kegiatan Inti :
1. Guru menjelaskan lebih lanjut cara
melantunkan setiap bait ringget
2.
Membentuk kelompok masing-masing 5 orang
3.
Mendemonstrasikan ringget perkelompok
C.
Kegiatan Akhir :
1. Guru menunjuk kelompok yang paling baik
melantunkan ringget
2. Guru dan siswa bersama-sama membuat
kesimpulan mengenai ciri-ciri ringget terlepas dari bentuk puisi yang lain
3. Guru memberi penguatan konsep mengenai
pemahaman keterkaitan guna ringget, puisi ringget, serta tokoh yang melantunkan
5. Sumber Pelajaran :
a.
Teks ringget
b. Buku materi pelajaran bahasa Lampung kelas
IX Penyusun TIM FPSBL Unila
c.
Kamus bahasa Lampung
6. Penilaian/evaluasi :
a.
Teknik : Lisan dan tertulis
b.
Instrumen : Uraian, tugas kelompok
c.
Soal-soal :
1.
(O) Nyo sai
dimaksud ringget ino?/ (A) Api sai dimaksud ghinggot sina?
2. Lantunkan puisi ringget secara
bersama-sama ?
3.
Lantunkan puisi ringget secara individu
4.
Ceritakanlah kembali isi ringget
5.
(O) Pigho pangget issei reringget?/ (A) Pigha panggot
isi ghinggot?
13
Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Pubian Guru mata pelajaran
YUDA YULYANTINA, S.Pd IVAN
BENI SANJAYA
NIP. 19740611 200701 2 005 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMP
NEGERI 1 PUBIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Aspek : Berbicara
Standar Kompetensi : Mengungkapkan dan menginformasikan sesuatu
dengan
menggunakan kalimat-kalimat bahasa Lampung
yang sederhana dan
efektif
Kompetensi Dasar : (38) Menginformasikan daerah Tk. II di
Provinsi Lampung dengan
menggunakan kalimat-kalimat bahasa Lampung yang
sederhana
Indikator : 1. Menyebutkan
nama-nama kabupaten di Provinsi Lampung
2. Menyebutkan nama-nama ibukota kabupaten yang ada di Provinsi Lampung
3. Menginformasikan nama-nama kepala daerah
dan wakil kepala daerah pada setiap kabupaten di Provinsi Lampung
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menyebutkan nama-nama daerah
Tk.II dan
ibukotanya di Provinsi lampung
2.
Siswa dapat menunjukkan batas-batas daerah Tk.II yang ada di
Provinsi Lampung
2. Materi
Pelajaran : Daerah Tk. II di Provinsi Lampung
3. Metode
Pembelajaran : a. Ceramah
b. Penugasan
c.
Tanya jawab
d.
Diskusi
e.
Presentasi
4.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan
pertama
A.
Kegiatan Awal :
1.
Mengkondisikan kelas
2.
Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru
memberi penjelasan mengenai bentuk kepemerintahan di daerah Lampung serta
Wilayah kesatuan Provinsi Lampung
B.
Kegiatan Inti :
1. Guru menjelaskan mengenai sejarah singkat
pembagian wilayah kepemerintahan
2. Membaca
wacana tentang info daerah Tk. II di
Provinsi Lampung dengan lafal dan intonasi yang tepat
3. Membentuk kelompok terdiri dari 11
kelompok yang masing-masing menentukan mengenai batas wilayah 9 Kabupaten, 1
Kotamadya, dan 1 Kotib dilihat melalui peta Lampung
4.
Membahas hasil kerja kelompok secara bersama
C.
Kegiatan Akhir :
1. Guru memberitahu siswa mengenai kesalahan
yang sering dilakukan dalam membaca
2.
Tanya jawab tentang isi wacana
3. Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama
Pertemuan
kedua
A.
Kegiatan Awal :
1. Apersepsi (penjelasan singkat mengenai
materi minggu lalu)
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk
melafalkan kata-kata tertentu untuk menentukan solusi pembelajaran
B.
Kegiatan Inti :
1. Mencari kata-kata yang sukar untuk
dilafalkan serta mencari kata-kata sulit dalam bacaan
2. Menyimpulkan isi wacana dari bentuk
kepemerintahan secara keseluruhan
3.
Siswa
mengerjakan lembar kerja mengenai info daerah Tk. II di Provinsi Lampung
4. Guru dan siswa membahas soal tersebut
secara bersama-sama
C.
Kegiatan Akhir :
1. Guru mengadakan pos test mengenai 11
Wilayah dan ibukotanya masing-masing
2.
Guru memberikan penguatan konsep
5. Sumber Pelajaran :
- Peta daerah Provinsi Lampung
- Buku materi bahasa Lampung SMP/MTs kelas IX Penyusun TIM FPSBL Unila
- Kamus Bahasa Lampung
6. Penilaian/evaluasi :
a.
Teknik : Tertulis dan lisan
b.
Instrumen : Uraian, hafalan
c.
Soal-soal :
1. Sebutkan nama-nama daerah tingkat II yang
ada di Provinsi Lampung ?
2. Sebutkan nama-nama ibukota daerah tingkat
II yang ada di Provinsi Lampung ?
3. Tunjukkan batas-batas daerah tingkat II
yang ada di Provinsi Lampung ?
13 Juli
2016
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1Pubian Guru mata pelajaran
YUDA YULYANTINA, S. Pd IVAN
BENI SANJAYA
NIP. 19740611 200701 2 005 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMP
NEGERI 1 PUBIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Aspek : Membaca
Standar Kompetensi : Mengekspresikan dan memahami isi wacana tulis
berbahasa
Lampung, baik sastra maupun non sastra
Kompetensi Dasar : (39) Melantunkan teks puisi
(pepaccur/ringget, pisaan/hahiwang)
dengan
lafal, intonasi dan nada yang tepat
Indikator : 1.
Menjelaskan macam kekerabatan suku Lampung
2.
Membedakan ciri-ciri dari macam-macam puisi Lampung
3. Melantunkan dari berbagai jenis puisi
sesuai dengan intonasinya masing-masing
4. Mengungkapkan tujuan yang terkandung dalam
puisi
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran : 1.
Siswa dapat menjelaskan macam kekerabatan suku Lampung
2. Siswa dapat membedakan ciri-ciri dari
macam-macam puisi
Lampung
3. Siswa dapat melantunkan dari berbagai jenis
puisi sesuai dengan
intonasinya masing-masing
4. Siswa dapat mengungkapkan tujuan yang
terkandung dalam puisi
2. Materi
Pelajaran : Teks puisi (pepaccur/ringget,
pisaan/hahiwang)
3. Metode
Pembelajaran : a. Ceramah
b. Penugasan
c. Tanya
jawab
d.
Diskusi
e.
Presentasi
4.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan
Pertama
A.
Kegiatan Awal :
1.
Absensi
2. Mendengarkan penjelasan kekerabatan antara
suku Lampung ditinjau dari kelompok wilayah
3. Membedakan penggunaan berbagai jenis puisi
yang dipakai dari setiap kelompok (logat) wilayah
B.
Kegiatan Inti :
1.
Melantunkan bentuk hahiwang dengan tepat
2. Mengartikan dari kata-kata yang ada dalam
bait hahiwang
3.
Pemberian tugas dalam bentuk soal
C.
Kegiatan Akhir :
1. Menyimpulkan makna yang terkandung pada
puisi hahiwang
2.
Penjelasan tentang cara-cara melantunkan
Pertemuan Kedua
A.
Kegiatan Awal :
1. Meneliti hasil pekerjaan rumah yang
diberikan kepada siswa
2. Apersepsi (penjelasan singkat mengenai
materi minggu lalu)
3. Mengkaitkan bentuk kegiatan dengan
pelajaran minggu lalu
B.
Kegiatan Inti :
1. Menentukan ciri-ciri dari puisi hahiwang
2. Mengkaitkan dengan bentuk puisi yang lain
dan menentukan perbedaan mendasar
3.
Pemberian tugas menciptakan sebait hahiwang
C.
Kegiatan Akhir :
1. Guru memberikan test untuk mengetahui
hasil belajar siswa
2. Mencatat/merangkum hal-hal yang perlu
sebagai bahan pengingat
5. Sumber Pelajaran :
a.
Berbagai macam bentuk puisi Lampung
b. Buku materi pelajaran bahasa Lampung SMP/MTs
kelas IX Penyusun TIM FPBSL Unila
c.
Kamus bahasa Lampung
6. Penilaian/evaluasi :
a.
Teknik : Lisan dan tertulis
b.
Instrumen : Uraian, apresiasi
c.
Soal-soal :
1. Jelaskan macam-macam puisi Lampung ?
2. Sebutkan kegunaan dari bermacam-macam
puisi Lampung ?
3. Lantunkanlah puisi Lampung tersebut dengan
lafal dan intonasi yang tepat
13 Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Pubian Guru mata pelajaran
YUDA YULYANTINA, S.Pd IVAN
BENI SANJAYA
NIP. 19740611 200701 2 005 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMP
NEGERI 1 PUBIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Aspek : Menulis
Standar Kompetensi : Mengungkapkan dan mengembangkan gagasan
dengan
menggunakan kalimat-kalimat bahasa Lampung
yang efektif
Kompetensi Dasar : (40) Mengembangkan gagasan sesuai lagu pop
dalam bahasa
Lampung yang efektif
Indikator : 1.
Menuliskan lagu “Sang Bumi Ghuwa Jughai” dan “Pang Lipang
Dang”
2. Menyanyikan lagu “Sang Bumi Ghuwa Jughai”
dan “Pang Lipang Dang”
3. Mengubah lagu “Pang Lipang Dang” ke dalam
aksara Lampung
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran : 1.
Siswa dapat menuliskan lagu ”Sang Bumi Ghuwa Jughai” dan
”Pang Lipang Dang”
2.
Siswa dapat menyanyikan lagu ”Sang Bumi Ghuwa Jughai” dan
”Pang Lipang Dang
3.
Siswa dapat mengubah lagu ”Sang Bumi Ghuwa Jughai” dan
”Pang Lipang Dang”
2. Materi
Pelajaran : Lagu Pop Lampung “Sang Bumi Ghuwa Jughai” dan
“Pang Lipang
Dang”
3. Metode
Pembelajaran : a.
Ceramah
b.
Penugasan
c. Tanya
jawab
d.
Diskusi
e.
Presentasi
4.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan
Pertama
A.
Kegiatan Awal :
1. Mendengarkan penjelasan tentang lagu pop Lampung
2. Penjelasan keterkaitan lagu pop Lampung
dalam bentuk pengiringnya
B.
Kegiatan Inti :
1. Melantunkan lagu pop “Sang Bumi Ghuwa
Jughai”
2. Mengartikan serta menyimpulkan makna yang
terkandung dalam lagu “Sang Bumi Ghuwa Jughai”
3. Melantunkan lagu pop Lampung “Pang Lipang
Dang”
4. Mengartikan serta menyimpulkan makna yang
terkandung dalam lagu “Pang Lipang Dang”
C.
Kegiatan Akhir :
1. Guru menilai secara cermat ketangkasan
dari setiap individu
2. Guru memberikan saran bagi siswa yang
kurang cermat menulis
5. Sumber Pelajaran :
a.
Kumpulan cerita rakyat Lampung
b. Buku materi pelajaran bahasa Lampung kelas
VII penyusun TIM FPBSL Unila dan
kamus bahasa Lampung dialek (O,A)
6. Penilaian/evaluasi :
a.
Teknik : Lisan dan tertulis
b.
Instrumen : Uraian berstruktur
c.
Soal-soal :
1. Sebutkan tempat terjadinya cerita legenda
tersebut ?
2. Sebutkan nama tokoh-tokoh yang ada dalam
cerita (legenda) ?
3. Sebutkan watak para pelaku dalam cerita
(legenda) ?
4. Tuliskan wacana cerita (legenda) dari
bahasa Indonesia ke dalam bahasa Lampung
13 Juli
2016
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Pubian Guru mata pelajaran
YUDA YULYANTINA, S.Pd IVAN
BENI SANJAYA
NIP. 19740611 200701 2 005 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar